Agar Anak Menghormati dan Menghargai Ucapan Orangtua

Setiap orangtua tentu ingin anak dapat menghormati dan menghargai perintah atau ucapan yang disampaikan kepadanya. Hal tersebut sejatinya akan mudah didapatkan apabila orangtua mampu bersikap tegas dan dapat dipercaya. Bersikaplah konsisten dan jujur kepada anak agar ia tidak kebingungan dalam menentukan suatu tindakan. Selain itu, sesuaikanlah apa yang diucapkan orangtua dengan perbuatan. Dengan deikian, anak dapat melihat kebenaran yang diucapkan oleh orangtuanya dan iapun akan menghargai orangtuanya.

Contoh kasus, apabila orangtua menetapkan aturan A kepada anak maka sedapat mungkin orangtua harus tetap konsisten dengan peraturan tersebut, yaitu A. Misalnya, ketika orangtua menekankan kepada anak supaya tidak pernah mengambil barang milik orang lain sebelum ada izin dari yang punyanya. Maka, janganlah sekali-kali mereka membiarkan atau bahkan menyuruh anak memakan makanan di toko yang belum dibayar. Hal demikian akan membuat anak merasa bingung dan sulit memilah mana yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk dilakukan. Dalam kasus ini berarti orangtua telah bersikap tidak konsisten dengan perkataan mereka. Sikap orangtua seperti itu juga dikhawatirkan akan memicu anak untuk bersikap 'melecehkan' perkataan orangtuanya. Anak akan menyadari bahwa orangtuanya tidak tegas dalam menentukan aturan, sehingga iapun tidak akan serius dalam melakukan suatu aturan yang ditetapkan oleh orangtuanya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua dalam bertindak agar anak dapat menghormati dan menghargai mereka. Di antaranya adalah bersikaplah terus terang kepada anak, jadilah orangtua yang konsisten dan jujur baik dalam bersikap maupun dalam berkata-kata. Dan, janganlah orangtua berdusta kepada anak atau memperdayainya. Sebab, tindakan orangtua seperti itu dapat mendorong anak untuk tidak menghargai orangtua beserta aturannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar