Manfaat Memberikan Kesempatan Bermain Kepada Anak

Bermain dengan mainan adalah aktivitas yang disukai oleh anak. Dengan bermain biasanya anak akan merasa terbebas dari perasaan jenuh dan lelah. Oleh karena itu, untuk menciptakan kembali energi atau semangat baru kepada anak yang mungkin telah menurun akibat kesibukan belajarnya atau mengerjakan sesuatu hal lainnya. Maka memberikan kesempatan kepadanya untuk bermain adalah tindakan yang baik.

Adalah penting orangtua memilihkan dan menyediakan mainan yang mendidik untuk anak. Sehingga, mainan tersebut bukan hanya sekedar memberikan kesenangan atau memuaskan hati anak saja. Tetapi, juga dapat memberikan banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan kepadanya. Misalnya, dengan mainan tersebut anak dapat juga belajar tentang warna, mengenal suara berbagai macam binatang, belajar huruf, angka, atau belajar mengelompokkan dan membedakan jenis benda (yer).


Bermain dengan mainan dapat memberikan banyak manfaat kepada anak. Dengan bermain, anak akan mampu mengembangkan akalnya, meluaskan pengetahuannya, dan melatih alat indra serta perasaannya. Namun, walaupun demikian orangtua harus tetap memberikan pengawasan dan pengendalian waktu kepada anak untuk bermain. Hal ini supaya anak tidak terlalu lelah karena bermain dan mengajarkan kepada anak untuk dapat bertindak disiplin terhadap waktu.
Sumber : http://www.perkembangananak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar