Orangtua Bersikap Kepada Anak yang Sudah Menikah

Di kalangan orangtua, sebagian dari mereka ada yang merasa khawatir, takut, sedih, dan bahkan merasa kehilangan ketika anak mereka mulai hidup baru dengan pasangannya. Orangtua seperti ini mungkin saja akan merasa bahwa pasangan anak (menantu) telah mengambil anak mereka. Orangtuapun merasa bahwa mereka tidak bisa memiliki anaknya lagi. Dengan demikian, orangtuapun terkadang merasa bahwa anak mereka sudah tidak mungkin lagi dapat diajak ‘bicara’ seperti sebelumnya.


Sebagai orangtua bijaksana ada baiknya menghilangkan semua perasaan dan prasangka negatif seperti di atas. Jadikanlah pernikahan anak sebagai upaya untuk menambah saudara, kerabat, perasaan cinta, dan kasih sayang satu dengan lainnya. Ciptakanlah sikap saling membantu dan empati di antara orangtua, anak, menantu, dan besan sehingga suasana hidup semakin hangat dan bahagia.

Sejatinya, ada beberapa langkah yang mungkin dapat membantu orangtua dalam menjaga hubungan dengan anak yang sudah menikah agar tetap harmonis. Di antaranya adalah dengan menciptakan ‘kebersamaan’, seperti mengundang anak dan keluarganya untuk makan malam bersama atau mungkin mengadakan liburan bersama ke suatu tempat. Apabila oragtua merasakan sesuatu yang kurang berkenan karena anak atau menantu maka bicarakanlah kepada mereka dengan bijaksana. Bersikaplah orangtua seperti halnya ‘teman’ bagi sang anak. Maksudnya, di antara orangtua dengan anak tercipta interaksi yang hangat, penuh kasih sayang dan penuh perhatian (Phillip Jackson M.Ed, Dorothy Stegal M. Ed, Audrey Ashner M.Ed, 2007).

Dengan sikap orangtua seperti di atas maka besar kemungkinan keharmonisan keluarga akan selalu tetap terjaga. Pernikahan anak tidak akan lagi menjadi ‘pintu pembatas’ antara orangtua dengan anak. Orangtua akan tetap dapat ‘berkomunikasi’ dengan penuh kehangatan dan terbuka kepada anak. Begitupun sebaliknya, anak akan tetap merasa ‘dekat’ dengan orangtuanya. Akhirnya, di antara merekapun tidak akan ada yang merasa kehilangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar