Menyikapi Anak yang Suka Mengamuk

Menghadapi anak yang suka mengamuk di depan umum memang sangat merepotkan dan menjengkelkan. Bahkan, karena merasa kesal dan malu tidak jarang orangtua kehilangan kesabaran. Sebagian orangtua ada yang melakukan kekerasan fisik seperti mencubit, memukul, dan menarik atau mendorong anak.

Pada umumnya, anak akan mengamuk apabila ada sesuatu yang ia inginkan atau butuhkan tetapi tidak segera dipenuhi oleh orangtuanya. Misalnya, ingin diperhatikan oleh orangtuanya, ingin tidur karena terlalu lelah, ingin mainan, atau bahkan ia ingin sesuatu untuk dimakan. Apabila orangtua tidak segera mengerti dan memenuhi apa yang diinginkannya maka ia akan mengamuk dengan cara menangis dan menjerit-jerit. Oleh karena itu, supaya anak terhindar dari mengamuk di depan umum maka pastikan kebutuhan anak terpenuhi lebih dulu dan janganlah menundanya terlalu lama (Jenny Gichara, 2006).

Menghadapi anak yang suka mengamuk di depan umum tentu perlu pengertian dan kesabaran orangtua. Melakukan suatu tindakan untuk menghentikan anak dari mengamuk tidak perlu dengan cara kekerasan fisik. Tenangkanlah anak dengan pelukan. Tanyakan kepadanya apa yang ia inginkan dan pastikan kepadanya bahwa orangtua akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.

Apabila orangtua memiliki acara untuk pergi ke luar rumah bersama anak seperti berbelanja atau menghadiri suatu undangan. Maka, ada baiknya sebelum berangkat orangtua membuat perjanjian dulu dengannya. Hal ini perlu dilakukan supaya anak mengerti dan dapat menjaga sikap ketika ia sedang berada di depan umum. Bicarakanlah konsekuensinya apabila anak melanggar janji. Namun, jika anak mampu menjaga sikapnya dengan baik di depan umum maka tidak ada salahnya orangtua memberikan pujian, pelukan, ciuman, atau mungkin memberikan hadiah kecil yang ia sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar