Mengapa Anak Selalu Ingin ‘Nempel’ Terus?

Mungkin kita sering melihat anak yang selalu ingin ‘nempel’ kepada orangtuanya. Ke mana saja orangtua bergerak ia akan terus mengikuti mereka. Sekalipun orangtuanya hanya pergi ke toilet, ia selalu ingin ikut. Perilaku anak seperti ini tentu akan membuat anak dan orangtua merasa tidak nyaman. Dengan sikapnya seperti itu, lama-lama orangtua mungkin akan merasa sangat terikat dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan dengan cepat. Begitu juga dengan anak, ia akan sangat ketergantungan kepada orangtuanya, ia tidak percaya kepada orang lain sehingga ia akan sangat sedih dan merasa ketakutan ketika ia menyadari bahwa ia terpisah dengan orangtuanya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anak menjadi penakut dan ketergantungan seperti di atas. Di antaranya adalah akibat dari pengasuhan orangtua yang terlalu melindungi anak. Orangtua seperti ini biasanya sulit memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi dengan lingkungannya. Mereka akan selalu merasa khawatir anak menjadi terluka baik fisik atau pun perasaannya. Dengan demikian, orangtua akan selalu berusaha untuk melarang anak melakukan ini dan itu. Selain itu, anak menjadi penakut karena orangtua selalu mengatur anak mereka dalam segala hal. Sehingga dengan sikapnya tersebut, orangtua tidak bisa mempercayakan anak kepada orang lain dan anakpun menjadi tidak bisa tinggal bersama orang lain.

Perlu orangtua ketahui bahwa pengasuhan kepada anak dengan cara memberikan perlindungan secara berlebihan adalah tidak baik. Ketika ia tumbuh besar nanti khawatir sifat penakutnya tersebut akan terbawa, misalnya pada saat ia menginjak usia sekolah, ia tidak mau sekolah atau selalu ingin didampingi orangtuanya (Indra Kusumah, S. Psi & Vindhy Fitrianti W, S. Psi, 2007).

Oleh karena itu, supaya anak dapat tumbuh dengan percaya diri dan mandiri, maka berilah anak kepercayaan dan kebebasan untuk mencoba dan bereksplorasi dengan lingkungannya. Janganlah orangtua terlalu khawatir secara berlebihan dan banyak melarang anak, terutama jika ia benar-benar tidak sedang melakukan sesuatu yang membahayakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar