Membantu Anak Agar Terhindar Dari Sikap Malas

Dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya terkadang anakpun mengalami situasi malas seperti halnya orang dewasa. Namun, sikap bermalas-malasan ini tentu tidak baik apabila dibiarkan terus-menerus. Sebab, khawatir akan membuatnya menjadi terbiasa bersikap malas dalam segala hal.

Salah satu hal yang sering terjadi pada anak adalah perasaan malas untuk pergi ke sekolah. Terkadang, walaupun jarak antara rumah dan sekolah adalah dekat namun anak sesekali menolak untuk berangkat ke sekolah. Ia malah memilih untuk bermalas-malasan di rumah. Apabila orangtua menemukan sikap anak seperti ini maka segeralah untuk mencari penyebabnya. Karena, boleh jadi anak malas pergi ke sekolah karena takut oleh guru yang terlalu galak dan kejam terhadapnya. Atau, mungkin saja ia mendapatkan beberapa teman yang sering nakal dan mengganggunya selama ia di sekolah. Selain itu, boleh jadi anak malas pergi ke sekolah karena ia mendapatkan banyak kesulian dalam menyelesaikan soal-soal pelajaran, terlalu banyak PR (pekerjaan rumah) yang belum selesai sehingga ia merasa stres.

Apabila penyebab anak malas karena hal-hal di atas maka orangtua dapat membantunya dengan cara membicarakan apa yang menjadi beban anak tersebut kepada pihak sekolah. Biasanya, situasi sekolah yang menyenangkan dan memberikan rasa aman serta nyaman kepada anak dapat menciptakan semangat belajar yang baik kepada anak. Anakpun akan merasa betah, senang, dan bahagia melewatkan hari-harinya di sekolah.

Namun, selain hal di atas ada kemungkinan lain yang dapat menyebabkan anak bersikap malas. Yaitu, meniru kebiasaan orangtua yang suka bermalas-malasan dalam menjalankan kegiatan hidup. Menyikapi sikap anak seperti itu, orangtua harus segera introspeksi diri dan tidak memperlihatkan sikap malas di hadapan anak. Janganlah menjadi orangtua pemalas sebab anak akan meniru tindakan tersebut. Sebaliknya, orangtua harus mendorong anak agar tidak bersikap malas (Jenny Gichara, 2006). Misalnya, dengan cara membiasakan hidup teratur, disiplin, dan tepat waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar