Menangani Anak yang Pemalu

Ada sebagian anak apabila bertemu dengan banyak orang dan baru saja ia kenal maka ia akan merasa sangat tersiksa. Anak seperti ini tidak tahu bagaimana seharusnya bersikap dan berucap kepada orang-orang 'baru' tersebut. Biasanya, ia akan lebih memilih untuk diam dan sedikit beraktivitas.

Anak yang pemalu pada umumnya lebih bergantung kepada orangtua. Apabila ada orang yang ingin bertanya kepadanya maka ia akan mengalami kesulitan dalam menjawab. Ia cenderung mengandalkan orangtua yang menjawab semua pertanyaan yang sebenarnya untuk dirinya. Semakin banyak orang yang tidak ia kenal berada di dekatnya maka anak akan semakin merasa takut dan bingung.

Membiarkan anak terus-menerus menjadi orang yang pemalu tentu tidak baik. Orangtua perlu mendukung anak menumbuhkan sikap percaya dirinya dan mengajarkannya bagaimana cara bersosialisasi dengan benar. Anak yang pandai beradaptasi dengan lingkungan biasanya akan mudah mendapatkan teman. Ia akan menjadi orang yang senang dan menyenangkan bagi siapa saja yang berada di dekatnya.

Sejatinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua agar anak yang pemalu menjadi lebih menyenangkan. Yaitu, apabila anak masih sulit menjawab pertanyaan dari orang-orang yang baru ia kenal maka janganlah memaksanya, biarkan saja dulu. Hindari kesan mendukung sifat malu anak dengan mengatakan ’dia seorang anak pemalu’, sebab dengan demikian boleh jadi mengajarkan anak seolah-olah orangtua mengharapkan perilaku yang demikian. Selain itu, penting orangtua mengajarkan anak tentang keramahtamahan sosial. Misalnya, ketika di restoran ajarkan anak bagaimana memesan makanan, apabila sedang di supermarket ajarkanlah anak bagaimana membayar barang-barang yang kita beli. Dan, satu hal lain yang juga sangat penting adalah pujilah anak ketika ia melakukan sesuatu yang baik. Janganlah orangtua mengoreksi anak yang pemalu di depan umum (Ronald, 2006). Sebab, apabila anak dikoreksi di depan umum, dikhawatirkan ia merasa sangat malu dan akan menjadi orang yang semakin pemalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar